Indonesia | Inggris  
Home

.:: Akuntansi S-1

Visi

Menjadi Program Studi Akuntansi Strata satu unggulan pada tingkat nasional dan regional pada tahun 2018 dan menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, keahlian dan berperilaku profesional di bidang Akuntansi.


Misi

  1. Melaksanakan dan mengembangkan sistem pendidikan dan pengajaran unggulan dalam bidang akuntansi yang memenuhi kualifikasi pada tingkat nasional dan regional.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan unggulan dalam bidang akuntansi yang memenuhi kualifikasi pada tingkat nasional dan regional.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang akuntansi yang berkontribusi pada peningkatan daya saing perekonomian nasional dan regional.


Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan unggulan yang memiliki pengetahuan dan keahlian dalam bidang Akuntansi yang berwawasan global, kreatif, inovatif, dan berbudi luhur.
  2. Menghasilkan karya ilmiah unggulan melalui kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah dalam bidang akuntansi yang memenuhi kualifikasi pada tingkat nasional dan regional.
  3. Memberikan bimbingan dan konsultasi dalam bidang akuntansi, kepada masyarakat terutama untuk menunjang daya saing perekonomian nasional pada tingkat regional.

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

Sasaran :
Dalam mencapai visi, misi dan tujuan tersebut, ditetapkan beberapa sasaran dengan tahapan-tahapan pencapaianya sebagai berikut:
  1. Sasaran yang akan dicapai pada tahun 2015 adalah :
    1. Tercapainya peningkatan kualitas lulusan yang berkepribadian unggul, berwawasan global, kreatif, inovatif dan berbudi luhur, serta menguasai pengetahuan dan keahlian dalam bidang spesialisasi akuntansi perusahaan jasa/dagang dan industri yang mampu :
      1. Meraih indek prestasi kumulatif rata-rata 3,25
      2. Mendapatkan beasiswa lulusan terbaik untuk melanjutkan studi ke strata dua sebanyak 10% dari lulusannya
      3. Meraih prestasi dalam bidang akuntansi tingkat nasional minimal 2% dari jumlah lulusannya.
      4. Meraih prestasi dalam bidang keahlian lainnya ditingkat Asean minimal 1% dari lulusannya
      5. Mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang keahliannya minimal 3 bulan setelah lulus
    2. Terimplementasinya kurikulum berbasis kompetensi sesuai kebutuhan dunia usaha dan industri, dengan menjunjung tinggi akhlak dan etika.
    3. Terpenuhinya tenaga pendidik dan kependidikan yang professional, berwawasan luas, disiplin, akuntabel dan berbudi luhur serta memiliki daya saing di tingkat nasional dan regional
      1. 60% dosen tetap memiliki kualifikasi pendidikan S2 bidang studi Akuntansi, 20% diantaranya mencapai gelar doktor.
      2. 60% tenaga kependidikan memenuhi kualifikasi pendidikan dan keterampilan sesuai dengan bidang pekerjaannya.
    4. Terimplementasinya metode pembelajaran yang berbasis student center learning yang ditunjang dengan teknologi mutakhir
    5. Tercapainya kepatuhan atas Implementasi sistem penjaminan mutu akademik.
    6. Tercapainya peningkatan kualitas dan kuantitas karya ilmiah yang dipublikasikan pada tingkat nasional dan regional dengan meraih:
      1. 3% dosen tetap meraih prestasi tingkat nasional dalam bidang Akuntansi.
      2. 1% dosen tetap meraih prestasi tingkat Asean dalam bidang Akuntansi.
      3. 50% dosen tetap mempublikasikan karya ilmiahnya melalui jurnal terakriditasi nasional dan 5% melalui jurnal terakreditasi tingkat internasional
      4. 75% dosen tetap mencapai kualitas dan kuantitas layanan bimbingan dan konsultasi kepada masyarakat dalam bidang akuntansi yang menunjang daya saing pada tingkat nasional dan regional.
  2. Sasaran yang akan dicapai pada tahun 2018 adalah:
    1. Tercapainya peningkatan kualitas lulusan yang berkepribadian unggul, menguasai pengetahuan dan keahlian di bidang spesialisasi akuntansi perusahaan dagang/jasa dan industri dalam negeri dan asing yang mampu:
      1. Meraih indek prestasi kumulatif rata-rata 3,50
      2. Mendapatkan beasiswa lulusan terbaik untuk melanjutkan studi ke strata dua sebanyak 15% dari lulusannya
      3. Meraih prestasi dalam bidang akuntansi tingkat nasional minimal 3% dari jumlah lulusannya.
      4. Meraih prestasi dalam bidang keahlian lainnya ditingkat Asean minimal 2% dari lulusannya
      5. Mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang keahliannya minimal 2 bulan setelah lulus
    2. Tercapainya efektivitas atas Implementasi sistem penjaminan mutu akademik yang mengarah ke ISO terbaru
    3. Terpenuhinya tenaga pendidik dan kependidikan yang professional, berwawasan luas, disiplin, akuntabel dan berbudi luhur serta memiliki daya saing di tingkat nasional dan regional dengan meraih:
      1. 80% dosen tetap memiliki kualifikasi pendidikan S2 bidang studi Akuntansi, 40% diantaranya mencapai gelar doktor.
      2. 80% tenaga kependidikan memenuhi kualifikasi pendidikan dan keterampilan sesuai dengan bidang pekerjaannya.
    4. Peningkatan Implemantasi kurikulum berbasis kompetensi yang terbarukan
    5. Peningkatan kualitas metode pembelajaran yang berbasis student center learning yang ditunjang dengan teknologi yang terbarukan
    6. Tercapainya peningkatan kualitas dan kuantitas karya ilmiah yang dipublikasikan pada tingkat nasional dan regional dengan:
      1. 4% dosen tetap meraih prestasi tingkat nasional dalam bidang Akuntansi.
      2. 2% dosen tetap meraih prestasi tingkat Asean dalam bidang Akuntansi.
      3. 60% dosen tetap mempublikasikan karya ilmiahnya melalui jurnal terakriditasi nasional dan 10% melalui jurnal terakreditasi tingkat internasional
      4. 80% dosen tetap mencapai kualitas dan kuantitas layanan bimbingan dan konsultasi kepada masyarakat dalam bidang akuntansi yang menunjang daya saing pada tingkat nasional dan regional.
Strategi Pencapaiannya :
Dalam mencapai sasaran tahun 2015, perlu dirumuskan beberapa strategi pencapaiannya yaitu:
  1. Melaksanakan proses belajar mengajar yang efektif dan interaktif dengan menyiapkan kurikulum berbasis kompetensi yang terbarukan, tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional, sarana dan prasarana pembelajaran yang lengkap, berkualitas dan mutakhir.
  2. Mengevaluasi dan mengembangkan kurikulum berbasis kompetensi secara berkelanjutan dengan memperhatikan perkembangan kompetensi utama dibidang Akuntansi dengan melaksanakan :
    1. Perubahan kurikulum yang melibatkan stakeholder internal dan eksternal
    2. Mengevaluasi Silabus dan SAP yang mengacu pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terbarukan.
  3. Mengelola dan mengembangkan tenaga pendidik yang profesional secara berkelanjutan dengan melaksanakan evaluasi dan monitoring secara kontinyu dan terprogram untuk :
    1. Rekruitmen yang akuntabel
    2. Pendidikan studi lanjut bidang studi Akuntansi
    3. Pelatihan workshop dan seminar-seminar yang relevan dengan Program Studi Akuntansi.
    4. Program sertifikasi dosen tetap
    5. Program kenaikan jenjang akademik.
    6. Aktivitas tenaga pendidik dan kependidikan
    7. Memberikan kesempatan tugas-belajar dan pelatihan-pelatihan dalam rangka penguatan tenaga pendidik bidang akuntansi di dalam negeri dan pelatihan-pelatihan bagi tenaga kependidikan sesuai dengan pengembangan kompetensi kerjanya di dalam negeri
  4. Menyelenggarakan pelatihan metode pembelajaran yang berbasis student center learning yang ditunjang dengan tehnologi mutakhir.
  5. Melaksanakan pemeriksaan operasional setiap akhir semester atas kinerja program studi dengan standar penjaminan mutu internal.
  6. Melaksanakan program penelitian dan publikasi karya ilmiah dosen yang berkualitas secara berkelanjutan melalui:
    1. Program pelatihan metode penelitian
    2. Program pelatihan penulisan karya ilmiah
    3. Memberikan bantuan/hibah kompetensi dana penelitian bagi Tenaga Pendidik.
Dalam mencapai sasaran tahun 2018, perlu dirumuskan beberapa strategi pencapaiannya yaitu:
  1. Melaksanakan proses belajar mengajar yang efektif dan interaktif dengan penerapan metode pembejaran yang berbasis student center learning, menyiapkan kurikulum berbasis kompetensi yang terbarukan, tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional dan akuntabel, sarana dan prasarana pembelajaran yang lengkap, berkualitas, mutakhir dan modern.
  2. Melakukan evaluasi dan monitoring penyelenggaraan program studi dengan menerapkan sistem penjaminan mutu akademik dengan menyempurnakan 8 standar minimum dan 10 standar tambahan penjaminan mutu yang mengarah ke ISO terbaru.
  3. Mengelola dan mengembangkan tenaga pendidik yang profesional secara berkelanjutan dengan melaksanakan evaluasi dan monitoring secara kontinyu dan terprogram untuk :
    1. Rekruitmen yang akuntabel
    2. Pendidikan studi lanjut bidang studi Akuntansi dalam dan luar negeri.
    3. Pelatihan workshop dan seminar-seminar yang relevan dengan Program Studi Akuntansi dalam dan luar negeri.
    4. Program sertifikasi dosen tetap.
    5. Program kenaikan jenjang akademik.
    6. Aktivitas tenaga pendidik dan kependidikan
    7. Memberikan kesempatan tugas-belajar dan pelatihan-pelatihan dalam rangka penguatan tenaga pendidik bidang akuntansi di dalam negeri dan pelatihan-pelatihan bagi tenaga kependidikan sesuai dengan pengembangan kompetensi kerjanya di dalam dan luar negeri.
  4. Mengevaluasi dan mengembangkan kurikulum berbasis kompetensi secara berkelanjutan dengan memperhatikan perkembangan kompetensi utama dan penunjang dibidang Akuntansi dengan melaksanakan:
    1. Perubahan kurikulum yang melibatkan stakeholder internal dan eksternal
    2. Mengevaluasi Silabus dan SAP yang mengacu pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terbarukan.
    3. Menerapkan mata kuliah untuk mengembangkan kompetensi penunjang. seperti: Akuntansi Internasional, Perpajakan Internasional, Bahasa Inggris, Lab Accurate dan MYOBY.
  5. Menyelenggarakan pelatihan metode pembelajaran di dalam dan luar negeri yang berbasis student center learning yang ditunjang dengan teknologi modern.
  6. Melaksanakan program penelitian dan publikasi karya ilmiah dosen yang berkualitas secara berkelanjutan melalui:
    1. Program pelatihan metode penelitian dengan metode analisis Liesrel, Sem, dan Amos.
    2. Program pelatihan penulisan jurnal nasional dan internasional.
    3. Memberikan bantuan/hibah kompetensi dana penelitian bagi Tenaga Pendidik.
    4. Menyertakan tenaga pendidik untuk mendapatkan hibah kompetensi nasional dan regional.

.: Berita/Event Fakultas :.



Konferensi Nasional Sistem Informasi 2014, 27 Pebruari - 01 Maret 2014, di STMIK Dipanegara Makasar.

Fakultas Teknik
28 March 2014 - 9:18:21
APLIKASI VISUALISASI INFORMASI RUTE DAN AREA DI SEKITAR HALTE TRANS JAKARTA JU......



PENGUMPULAN FOTO UNTUK KARTU UJIAN UAS ONLINE

Fakultas Ekonomi
04 December 2012 - 7:00:30

Sehubungan dengan diberlakukannya Kartu Jadwal Ujian (KJU) Online Ujian Akhir Semester (UAS) Ganj......




KULIAH AKTIF SEMESTER GANJIL 2011/2012

Fakultas Psikologi
08 August 2011 - 11:42:53

Diumumkan Kepada Mahasiswa/i Lembaga Pendidikan Tinggi UPI Y.AI bahwa dengan pertimbangkan agar P......




Mahasiswa FIKOM UPI YAI dikirim mengikuti Kuala Lumpur World Marching Band 2010

Fakultas Ilmu Komunikasi
14 December 2010 - 11:21:03
Mahasiswa Astrid Windayana dari FIKOM UPI YAI dikirim mengikuti Kuala Lumpur World Marching Band 201......



.: Mahasiswa Berprestasi :.



Maria Galih Satiti
Fakultas Ekonomi
Akuntansi S-1
...



LILIAWATI
Fakultas Ekonomi
Akuntansi S-1
...



Lia Ismiati
Fakultas Ekonomi
Manajemen D-3
...




.: Alumni Berprestasi :.



Yulisza Syahtiani
Fakultas Psikologi
Psikologi S-1
- Aktris Terbaik Festival Teater Indonesia 2009 -Aktris Terbaik Festival Teater Jakarta tingkat wil......



Dr. Syariefudin Hassan
Fakultas Ekonomi
Doktor Ilmu Ekonomi S-3
...



Login e-Learning

NIM :
Password :
   Copyright © 2009 - 2014. Yayasan Administrasi Indonesia.
Feedback